Rabu, 23 September 2009

Mengelola Stress [Stress Management Tips and Techniques]

Para netters yang budiman, dijaman sekarang ini banyak sekali kita jumpai dari anak-anak,remaja,orang tua yang stress. Hal itu tentunya tidak begitu saja timbul (mak bedunduk) keluar dan terjadi. Ada sedikit tips dari teman yang selalu saya ingat, mungkin saja dapat bermanfaat bagi netters semua untuk dapat selalu memperbaiki diri, dan belajar dari pengalaman yang sudah anda alami.



Prinsipnya dalam melakukan manajemen dan pengelolaan stress karena saya orang muslim maka semua hal yang terjadi harus kita kembalikan ke Al Qur’an.
  1. netters semua buka, baca dan amalkan Q.S An Najm ayat 24, yang artinya atau apakah manusia akan mendapat segala yang di cita-citakannya ? Jadi kita harus sadar dan tahu diri bahwa tidak semua cita-cita manusia itu tercapai. Oleh karena itu kalau satu ayat saja dipahami, sudah nggak bisa stres. Tidak semua cita-cita tercapai. Sebab kalau semua cita-cita tercapai ternyata dunia ini jadi kacau. Contoh misale netters semua mempunyai kepinginan semua orang yang berpegian harus naik pesawat dan tercapai semua, tentunya bandara akan tidak muat dan kacau balau.
  2. netters semua buka, baca dan amalkan Q.S Al Hadid ayat 23, yang artinya(kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang Diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri, jadikita harus memiliki stabilitas temperatur batin. Jika mendapatkan sesuatu jangan terlalu bangga, kalau luput jangan terlalu sedih, jadi di tengah-tengah saja. (ora perlu leda-lede, keta-kete, ita-iyu, —> biasa-biasa saja).
  3. netters semua buka, baca dan amalkan Q.S Al Baqarah ayat 216, yang artinya Diwajibkan atas kamu berperang, padahal perang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah Mngetahui,sedang kamu tidak mengetahui. Jadi kita harus legowo dan merasa apa yang Allah berikan pada kita itulah yang terbaik.”
Stres munculnya karena orang memburu sesuatu yang diinginkan, bukan yang diperlukan. Bahkan kebutuhan bisa dikalahkan oleh keinginan yang tak perlu. Contoh : kita bisa sering dan stay tune on the NET untuk chat, browsing, facebookantetapi kita tidak bisa membayar SPP bagi mahasiswa, Listrik bagi yang punya rumah, dsb. Maka alangkah baiknya kalau saya dan netters semua memiliki sifat wara’(bersahaja) yang bagus sesuai dengan situasi dan kondisi masing-masing.
Semoga bermanfaat.

- 15 Juli 2009

Sumber :
http://blog.uad.ac.id/imam_riadi/2009/07/15/mengelola-stress-stress-management-tips-and-techniques/
23 September 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar